Materi Senam Lantai Meroda dan Kayang

senam lantai meroda kayangSalah satu cabang olahraga yang sering diterapkan dan dilakukan di dunia pendidikan adalah senam lantai. Senam lantai itu sendiri merupakan jenis olahraga yang dilakukan di atas lantai atau matras dan tidak sedikit orang yang menyebut dengan nama senam bebas karena memang dalam gerakannya tidak membutuhkan alat apapun sebagai bantuan.

Mungkin ada sebagian dari anda yang sudah tidak asing dengan beberapa gerakan pada senam lantai khususnya untuk gerakan meroda dan juga kayang. Seperti yang kita ketahui bahwa di bangku sekolah dasarpun materi senam lantai meroda dan kayang sudah pernah diberikan sehingga memang sudah sewajarnya anda mengetahuinya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan gerakan meroda dan juga kayang. Kedua gerakan ini memang sederhana tetapi harus anda lakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan diri anda. Mungkin ketika anda duduk di bangku sekolah, sebelum melakukan praktek, anda selalu diberikan teori atau materi khusus mengenai teknik dasar ataupun pengantar dari senam lantai yang akan anda lakukan. Hal ini penting untuk anda lakukan agar anda memiliki pengetahuan dasar sebelum mengaplikasikan di lapangan.

Gerakan senam lantai meroda merupakan gerakan memutar tubuh seperti gerakan roda yang sedang berputar dengan tumpuan kedua tangan dan juga kedua kaki secara bergantian. Beberapa tahap untuk melakukan gerakan meroda adalah diawali dengan gerakan yang bertumpu pada tangan, mencoba melewatkan kedua kaki anda secara bergantian, misalnya anda dapat menggunakan bola atau kursi sebagai benda yang akan anda lalui. Jika nanda sudah mampu melaluinya, lakukan pada benda-benda yang lebih tinggi.

Sedangkan, yang dinamakan senam lantai kayang merupakan sikap membusur dengan posisi kaki dan tangan bertumpu pada matras keadaan terbalik dengan meregang dan juga mengangkat perut serta panggul. Jika anda mampu melakukan gerakan kayang, maka kelentukan bahu dan juga pinggang tubuh anda akan meningkat. Gerakan kayang dapat anda mulai dengan posisi awal tidur atau mungkin juga dari posisi berdiri. Namun, sebaiknya jika anda memang belum menguasai gerakan kayang, sebaiknya anda mencoba dengan posisi awal tidur sehingga lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>