Gerakan Senam Irama Tanpa Alat dan Untuk Pemanasan

gerakan senam irama tanpa alatSenam irama merupakan salah satu jenis senam yang memadukan suatu gerakan dengan alunan musik atau kebanyakan orang menyebutnya dengan latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Namun, ada beberapa unsur yang tetap harus anda perhatikan dalam senam irama yaitu kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, ketepatan dengan irama dan juga kontinuitas.

Pada gerakan senam irama, agar mencapai gerakan yang serasi dan juga dapat memberikan manfaat untuk anda, ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan di antaranya yaitu ketepatan music atau irama yang anda gunakan dengan gerakan anda, kelentukan dan juga kontinuitas dari gerakan senam yang anda lakukan. Sebelum anda melakukan senam irama, sebenarnya senam irama pun dibagi menjadi dua bagian yaitu senam irama dengan menggunakan alat dan juga senam irama tanpa alat. Senam irama menggunakan alat tentunya dalam gerakan senam yang dilakukan dengan memanfaatkan alat yang mendukung gerakan tersebut, sedangkan jika senam irama tanpa alat berari anda dapat melakukannya tanpa bantuan alat.

Untuk gerakan senam irama tanpa alat memang biasanya digunakan untuk pemanasan. Untuk pemanasan memang biasanya dilakukan dengan berbagai macam kombinasi dan untuk kesempatan kali ini admin akan menguraikan mengenai gerakan senam irama tanpa alat dan untuk pemanasan kombinasi jalan di tempat. Silahkan anda simak uraian di bawah ini.

1. Jalan di tempat mengubah arah
Gerakan senam irama tanpa alat yang pertama dapat anda lakukan dengan berdiri tegak menghadap lurus ke depan, kemudian anda angkat kaki dan tekuk ke atas secara bergantian. Dimulai dengan jalan di tempat dengan kaki kiri. Setelah hitungan ke dua anda dapat mengubah arah badan anda ke samping kanan kemudian pada hitungan ke empat kembali ke depan. Ulangi gerakan tersebut dengan kaki tetap bergerak.

2. Jalan di tempat dengan menggerakkan kepala
Untuk gerakan ini dapat anda lakukan dengan berdiri dengan pandangan lurus ke depan dan letakkkan telapak tangan anda di pinggang, angkat kaki dengan ditekuk ke atas dan lakukan bergantian untuk kaki kiri dan juga kanan. Gerakan anda mulai dengan jalan di tempat kaki kiri, kemudian pada hitungan ke empat anda tundukkan kepala ke bawah dan tengadahkan ke atas.

3. Jalan di tempat dengan menggerakkan tangan
Untuk gerakan yang ketiga ini, gerakan kaki sama halnya pada gerakan kedua, tetapi untuk gerakan ini anda ikuti dengan mengayunkan tangan menekuk ke depan dan ke belakang. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>