Cabang – Cabang Olahraga Dalam Atletik

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Sebagian besar dari mereka sangat senang melakukan olahraga untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat. Memiliki penduduk yang banyak merupakan keuntungan tersendiri bagi Negara di kawasan Asia Tenggara ini dalam mencari atlet – atlet olahraga baik olahraga individu maupun kelompok. Khususnya di cabang olahraga atletik, banyak sekali cabangnya di Indonesia yang telah didirikan. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak akan kehabisan atletnya untuk olahraga yang seperti ini mengingat banyaknya penduduk Indonesia dengan berbagai macam kemampuan dan bakat.

Cabang – cabang olahraga tersebut antara lain lari, lompat, lempar, dan jalan.

1. Lari
Cabang olahraga atletik lari merupakan cabang olahraga yang sering kita jumpai di masyarakat Indonesia. Pada cabang olahraga yang satu ini terbagi menjadi tiga nomor antara lain lari jarak pendek, jarak menengah, dan jarak jauh. Serta masih ada jenis lari yang termasuk kedalam ketiga nomor lari tersebut, yaitu estafet, dan lari halang rintang. Ketiga nomor lari tersebut sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia karena sering diperlombakan dalam ajang lomba resmi.

2. Lompat
Dalam olahraga lompat, kita mengenal ada lompat jauh dan lompat galah. Namun lompat jauh lebih mendominasi kepopuleran cabang lompat ini. Lompat jauh merupakan nomor olahraga atletik yang sangat sederhana dalam pelaksanaannya. Tetapi dalam melaksanakannya, lompat jauh ternyata tidaklah semudah perkiraan karena seorang atlet lompat jauh harus dapat melambungkan tubuhnya sejauh – jauhnya dengan berlari terlebih dahulu dari jarak sekitar 45 meter. Namun, lompat galah memiliki tingkat kesulitan yang lebih jika dibandingkan dengan lompat jauh. Seorang pelompat galah harus dapat melompati galah dengan ketinggian 8 hingga 15 cm. Jika salah melakukan lompatan akan menimbulkan luka yang serius pada pelompat.

3. Lempar
Cabang olahraga lempar terbagi menjadi beberapa nomor, yaitu lempar lembing, lempar cakram, dan tolak peluru. Cabang olahraga lempar sebenarnya kurang populer di kalangan masyarakat karena jarang ada orang yang menonton olahraga ini. pada lempar lembing, atlet melemparkan lembing setelah melakukan gerakan sejauh 4 meter.

4. Jalan
Olahraga yang satu ini sangatlah mudah dilakukan oleh setiap orang, karena kita telah melakukan olahraga ini tanpa menggunakan peralatan khusus untuk melakukannya. Olahraga jalan dapat meliputi jalan santai yang biasa dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita ketika menyambut hari ulang tahun suatu instansi ataupun pada saat HUT RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>